Sabtu, 01 Desember 2018

Cara Memulai Bisnis Online Shop



1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual secara online. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa dijual. Mulai dari baju, tas, sepatu, perlengkapan bayi, makanan, dan lain sebagainya.

2. Produsen, Reseller Atau Dropship?

Selanjutnya Anda harus menentukan, apakah akan menjadi produsen, reseller, atau dropshiper. Ketiganya memiliki sistem yang berbeda.
Untuk menjadi produsen tentunya Anda harus punya produk sendiri. Misalnya membuat baju, tas, atau jilbab sendiri. Untuk menjadi produsen tentunya modal yang Anda butuhkan akan lebih besar.
Sedangkan menjadi reseller berarti Anda menjual produk orang lain dan Anda harus stok barang. Anda membeli barang dari produsen lalu menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan dari selisih harga. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga ecer. Modal yang dibutuhkan tidak sebesar menjadi produsen.
Untuk menjadi dropshiper, Anda nyaris tidak butuh modal. Lho kog bisa? Seorang dropshipper bisa menjual produk orang lain tanpa perlu stok barang terlebih dahulu, tidak perlu pusing memikirkan proses packing dan pengiriman barang. Semua proses pengiriman dilakukan oleh supplier Anda.
Lalu pilih yang mana? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Bila Anda seorang pemula, maka sangat disarankan untuk mengawali bisnis online shop dengan cara menjadi dropshipper.

3. Media  Promosi

Untuk menjalankan bisnis online shop, Anda akan membutuhkan media promosi untuk menjajakan produk yang Anda jual. Kalau dulu mungkin para pemula sulit ya untuk mulai berjualan. Untungnya dengan kemajuan teknologi dan berbagai media online sekarang ini, bisa  digunakan untuk berjualan ataupun untuk membranding usaha online shop Anda.

4. Strategi Promosi

Selain menemukan media promosi yang tepat, Anda juga harus menemukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis online shop Anda. Tanpa adanya strategi promosi yang tepat maka kemungkinan besar produk yang dijual akan sulit laku atau tidak memiliki konsumen setia.
Salah satu strategi promosi bisnis online shop yang sangat efektif saat ini adalah dengan menggunakan strategi endorse melalui beberapa orang yang berpengaruh. Misalnya di Instagram, bisa endorse ke selebgram atau artis. Untuk melakukan endorse tentunya membutuhkan modal promosi yang cukup besar.
Selain strategi endorse, promosi dengan menggunakan Facebook Ads dan Google Adwords juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan tentu saja kita harus melakukan banyak campaign agar bisa menemukan strategi promosi yang paling efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar